Monday, July 15, 2013

Cara agar tidak sakit hati !

Kebanyakan orang memang sakit hati baik karena omongan atau perbuatan, apalagi orang yang sangat sensitif dan tidak bisa adaptasi dengan baik. Bagaimana cara agar kita tidak mudah sakit hati atau bahkan tidak sakit hati terhadap perilaku orang lain ? 

1. Cuek saja !
Pada umumnya inilah jawaban yang sering saya dengar, tetapi bukan hal yang mudah untuk mempraktekkannya sehingga perkataan itu luar dalam. Orang bisa cuek jika dirinya punya prinsip dan pandangan yang kuat dalam hidupnya. Tetapi belajar cuek dengan hal yang negatif adalah kemampuan yang jarang dimiliki orang. Fokus pada tujuan dan abaikan yang lain itulah rumus kalau ingin cuek.

2. Toleransi.
Toleransi adalah kemampuan menerima perbedaan baik pembicaraan maupun perbuatan orang lain. Adaptasi berarti mampu menerima dengan baik perbedaan dan perlakuan orang lain yang berbeda dengan alasan bahwa tiaporang mempunyai cara pandang yang berbeda karena latar belakang yang berbeda.

3. Spiritual.
Spiritual adalah kemampuan mengenal tuhan, semua hal akan lebih mudah jika disandarkan kepada kesadaran berketuhanan dan memahami tuhan dari sisi agama apapun. Kemampuan ini menganggap perbedaan dan perlakuan orang lain yang negatif merupakan suatu hal yang positif bagi dirinya.

Jangan biarkan omongan dan perlakuan orang-orang yang tidak berkualitas menggores hati kita yang mahal ini. Kata pepatah anjing menggonggong kafilah jalan terus. Kalau sudah tahu bahwa tujuan yang telah kita putuskan suatu yang berharga maka fokus maksimal kepada tujuan kita dan abaikan yang lain. Itu akan menjadi hal luar biasa tapi masih boleh merubah tujuan kalau ternyata ada yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment