Friday, July 12, 2013

Mengapa orang tidak bisa tegas ?

Pernahkan anda menghadapi orang yang tidak tegas dalam merngambil keputusan ? berfikir lama, bimbang mau memilih yang mana, membiarkan masalah berlarut-larut dan tidak jelas, tidak berani melangkah dan mengambil resiko.Ketegasan dalam mengambil keputusan sangat didambakan oleh banyak pihak baik dibidang bisnis maupun pemerintahan. Mengapa ketidaktegasan terjadi ?

1. Tujuan tidak jelas.
Ketidakjelasan arah dan tujuan serta visi yang dituju merupakan penyebab utama dalam ketidaktegasan tersebut. Arah tujuan yang jelas dan riil akan membuat seseorang lebih mudah dalam mengambil keputusan.

2. Karakter.
Ketidaktegasan adalah karakter yang terbentuk dalam proses lama sejak kecil dalam lingkungan keluarga dan pergaulan. Kebiasaan negatif ini akan terbentuk karena kumpulan perbuatan-perbuatan negatif.dalam waktu lama. Kebiasaan bingung dan susah memutuskan suatu hal atau pilihan akan menjadi faktor kegagalan.

3. Informasi.
Banyaknya informasi yang diterima oleh seseorang akan mempengaruhi paradigma atau cara pandang seseorang dan akan berpengaruh kepada sikap perilaku seseorang. Perilaku dan karakter ini sangat tergantung kepada pengetahuan yang dimiliki.

Dan banyak hal lain yang mempengeruhi proses ini tetapi yang utama adalah 3 hal diatas. Merubah kebiasaan ini sama dengan merubah cara pandang yaitu dengan merubah lingkungan dan berani mengambil resiko dengan perubahan yang ingin dilakukan.

No comments:

Post a Comment