Wednesday, July 31, 2013

Prinsip menabur dan menuai !

Prinsip menabur dan menuai sering dipakai orang untuk menggambarkan tentang proses tumbuhnya tanaman dari menabur benih sampai panen tanaman tersebut. Tanaman itu tidak akan ada kalau tidak diawali dengan menabur benih atau menanam benih yang ada. Disamping menabur juga perlu perawatan yang baik sehingga harus sibuk mengusahakan agar saat panen nanti berhasil dengan baik.

Tidak berbeda dengan kehidupan barang siapa rajin menabur benih dengan sibuk berusaha dan membuat banyak kegiatan yang bermanfaat maka nanti akan mendapatkan hasilnya. Kadang manusia berkhayal dengan usaha yang sedikit akan mendapatkan hasil yang banyak, memang bisa tapi tetap tidak sempurna hasilnya. Sesuatu yang dibuat instan akan berbeda hasilnya dengan yang melalui proses panjang dan mengikuti hukum alam. Sesuatu yang didapat dengan instan biasanya akan cepat habisnya juga.

Seperti burung yang terbang dipagi hari dan pulang kesarangnya di sore hari adalah contoh dari alam tentang keuletan dan kerja keras. Burung tidak pernah pulang siang atau pagi atau tidur tetapi kerja keras sepanjang hari untuk mendapatkan sesuatu yang diperlukannya. Apakah manusia lebih rendah dari burung ? tidak ada yang akan sia-sia dari apa yang kita kerjakan.

No comments:

Post a Comment